+62 82335212750

admin@otoritech.com

Mobile Apps

Your content goes here. Edit or remove this text inline.

UI/UX Design

Your content goes here. Edit or remove this text inline.

Backend Development

Your content goes here. Edit or remove this text inline.

Manage Services

Your content goes here. Edit or remove this text inline.

LIHAT SEMUA LAYANAN

Discussion – 

0

Discussion – 

0

Apa yang dimaksud website? website merupakan kumpulan halaman situs yang ada pada domain atau subdomain yang ada di jaringan World Wide Web (WWW) di internet. Di zaman serba digital seperti saat ini, internet sudah menjadi sarana yang banyak digunakan untuk memudahkan berbagai kegiatan.

Setiap orang bisa mengakses informasi terbaru dari mana saja melalui website dengan berbagai perangkat yang dimiliki, seperti smartphone, tablet, laptop, hingga personal computer. Syaratnya yaitu memiliki koneksi internet yang cukup untuk mengakses website tersebut.

Pengertian Website

Mudahnya, website adalah kumpulan halaman web atau lokasi yang ada di internet tempat Anda menyimpan informasi. Informasi tersebut Anda sajikan agar bisa diakses oleh siapa saja secara online. Informasi tersebut bisa tentang diri Anda, tentang bisnis Anda, atau bahkan tentang topik apa saja yang lainnya.

Website bekerja menggunakan sistem alamat yang bisa diakses melalui web browser. Alamat tersebut mirip dengan alamat pada aplikasi maps. Jadi ketika Anda membuka alamat website, maka web browser akan menuju ke lokasi tertentu untuk mengambil file dari website tersebut.

Proses pengambilan informasi tersebut dilakukan dengan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan File Transfer Protocol (FTP). Protokol ini fungsinya untuk menentukan cara informasi dan file ditransmisikan melalui web.

Kemudian browser akan menampilkan halaman website di perangkat Anda menggunakan HyperText Markup Language (HTML) dan juga Cascading Style Sheet (CSS).

Meskipun membutuhkan bahasa pemrograman agar website bisa ditampilkan pada layar. Saat ini Anda sudah bisa membuat website sendiri tanpa perlu mempelajari bahasa pemrograman atau memiliki latar belakang bidang IT sekalipun. Caranya yaitu dengan menggunakan website builder.

Unsur-unsur yang ada Pada Website

Jika Anda sudah mengetahui apa itu website, selanjutnya Anda perlu mengetahui lima elemen penting yang ada pada website. Apa saja itu? berikut diantaranya:

  1. Domain

Domain merupakan alamat website yang bisa digunakan untuk mengakses sebuah website tanpa perlu mengetahui alamat IP yang ditandai dengan rangkaian angka untuk membuka mengakses website.

Anda bisa memilih nama domain apa saja asalkan singkat, dan mudah untuk diingat dan dapat dieja dengan benar untuk memudahkan pengunjung masuk ke website Anda.

  1. Hosting

Hosting merupakan server yang digunakan sebagai tempat menyimpan file website Anda sehingga bisa diakses dan dikelola melalui internet. Web hosting ini ibaratkan rumah dan website merupakan seluruh isi yang ada pada rumah tersebut.

  1. Bahasa Pemrograman

Elemen lain yang ada pada website adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini kerap digunakan untuk menghasilkan website yang bagus. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak menguasainya, saat ini sudah banyak website yang bisa dibuat tanpa harus mengerti bahasa pemrograman.

  1. Konten

Konten yang ada pada website juga menjadi elemen penting untuk menarik perhatian para pengunjung. Misalnya Anda bisa membuat konten mengenai informasi ataupun penjelasan dari suatu produk, membuat blog, hingga membuat halaman promosi.

  1. Tampilan

Konten atau informasi yang ada pada website memang penting, akan tetapi tampilan yang baik juga mampu menarik pengunjung untuk mengunjungi website Anda.

Tampilan website tidak hanya harus menarik, tetapi juga ramah bagi pengguna. Misalnya dengan melakukan kombinasi warna yang tepat dengan struktur yang rapi. Hal ini bisa memudahkan pengguna untuk mengakses di perangkat mana saja yang diinginkan.Bagi Anda yang ingin membuat website namun terbatas waktu dan kemampuan, maka bisa menggunakan layanan dari Otoritech. Kami merupakan perusahaan di bidang jasa pembuatan website dan juga aplikasi berbasis Android maupun IOS. Konsultasikan sekarang juga secara gratis bersama kami.